- See more at: http://ea-xp.blogspot.com/2012/04/cara-membuat-komentar-facebook-dan-blog.html#sthash.fOR6Vdze.dpuf


Kenangan Ziarah:

Kamis, 28 Februari 2013

Posted by Aldi Rinaldi
1 comment | 23.26

Sejarah universitas
Universitas dengan nama ibn tofail ini didirikan pada tahun 1989. Berlokasi di kawasan chrarda barat (gharb chrarda) - beni hssen, tepatnya di sebelah tenggara kota kenitra, universitas ibn tofail berbatasan langsung dengan hutan maamora.

Pada tahun 1985 sebenarnya telah berdiri dua fakultas di kota kenitra, yaitu fakultas adab (sastra) & humaniora serta fakultas sains. Namun kedua fakultas tersebut masih berafiliasi kepada universitas mohamed v rabat.

Pada perkembangan selanjutnya, kedua fakultas tersebut melepaskan afiliasinya dari universitas mohamed v rabat dan kemudian menjadi cikal bakal berdirinya universitas ibn tofail yang mandiri.

Ii.            Struktur universitas
Universitas ibn tofail membawahi tiga fakultas dan dua institut:

1.      Fakultas sains;
                    i.      Jurusan matematika & informatika
                  ii.      Jurusan matematika terapan
                iii.      Jurusan fisika
                 iv.      Jurusan kimia
                   v.      Jurusan biologi
                 vi.      Jurusan geologi
2.      Fakultas sastra & humaniora;
                    i.      Jurusan bahasa & sastra perancis
                  ii.      Jurusan bahasa & sastra inggris
                iii.      Jurusan bahasa & sastra arab
                 iv.      Jurusan studi islam
                   v.      Jurusan sejarah & kebudayan
                 vi.      Jurusan geografi
               vii.      Jurusan sosiologi
             viii.      Jurusan filsafat
3.      Fakultas hukum, ekonomi & sosial
4.      Institut manajemen & marketing nasional
5.      Institut sains terapan nasional
Sesuai data statistik yang tertera pada situs ibn tofail, universitas seluas 38 hektar ini memiliki mahasiswa sejumlah 11.884 orang, didukung sejumlah 388 dosen serta 270 orang pegawai administrasi, staf ahli dan tekhnisi.

Iii.            Sistem pendidikan (pedagogia)
Terhitung sejak tahun ajaran 2006-2007, universitas ibn tofail mulai menerapkan sistem pendidikan baru yang ditetapkan oleh kementrian pendidikan tinggi kerajaan maroko. Dalam sistem baru ini, terdapat beberapa perubahan mendasar yang diantaranya mencakup masa pendidikan dan sistem pedagogia.

Pada sistem pendidikan baru ini misalnya, kurun waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan jenjang licence (s1) hanya membutuhkan tiga tahun dari yang awalnya membutuhkan empat tahun ajaran.


Jenjang
Jumlah tahun ajaran
Jumlah semester
Licence (s1)
Tiga (3) tahun
Enam (6) semester
Master (s2)
Dua (2) tahun
Empat (4) semester
Doktoral (s3)
Tiga (3) tahun
-

A.      Semester (الفصل)
Setiap tahun ajaran terdiri atas dua semester; semester ganjil (musim gugur) dan semester genap (musim semi). Mahasiswa belajar selama 16 minggu dalam setiap semester.

Dalam kurun waktu satu semester itu pula setiap mahasiswa mengikuti empat modul (الوحدة) dengan total jam perkuliahan sedikitnya 360 jam.

B.      Modul perkuliahan (الوحدة)
Setiap modul perkuliahan terdiri dari satu hingga empat materi, yang disampaikan dalam satu bahasa pengantar atau lebih.

Setiap materi modul perkuliahan tersebut adalah materi-materi baik yang berbentuk mata kuliah, praktek kerja lapangan maupun proses bimbingan kuliah.

C.      Pendaftaran dan pendaftaran ulang
Untuk calon mahasiswa baru non-maroko, segala persyaratan dikirim kepada pihak universitas melalui pihak amci (agence marocaine de coorporation internationale). Resminya berkas-berkas pendaftaran tersebut diterima oleh pihak universitas ibn tofail selambatnya akhir bulan september setiap tahun. Tahap selanjutnya adalah seleksi dan penentuan calon-calon yang lulus seleksi dan atau yang harus menjalani seleksi lanjutan dan psikotes (untuk master dan doktoral).

Setelah resmi terdaftar, mahasiswa jenjang licence dan master masih melakukan pendaftaran ulang yang dilakukan setiap awal semester.


D.     Ujian, sistem penilaian & kelulusan
Sistem penilaian untuk mahasiswa jenjang licence dan master menggunakan penilaian akumulatif yang ditentukan oleh beberapa unsur:
1.      Kehadiran
2.      Keaktifan dan partisipasi dalam membuat dan  mempresentasikan paper (untuk licence dan master)
3.      Testing “المراقبة المستمرة” (untuk licence)
4.      Ujian akhir semester.

Beberapa hal yang perlu diketahui seputar sistem penilaian ujian akhir semester;
Sistem penilaian setiap modul didapatkan dari jumlah keseluruhan nilai mata kuliah dalam modul tersebut, kemudian dirata-ratakan.
Untuk dinyatakan lulus dalam sebuah modul, seorang mahasiswa harus mendapatkan rata-rata nilai minimal 10/20 untuk modul tersebut.
Untuk mendapatkan kelulusan pada semester tertentu, sang mahasiswa harus lulus dalam keempat modul dalam semester tersebut, dengan nilai rata-rata minimal 10/20 dari keseluruhan nilai empat modul tadi.
Setelah ujian akhir semester putaran pertama (الدورة الأولى) disediakan kesempatan untuk mengikuti ujian ulang/susulan (الدورة الإستدراكية) bagi mahasiswa yang belum mencapai standar nilai minimal pada ujian putaran pertama.
Jika setelah mengikuti ujian ulang/susulan mahasiswa masih gagal memenuhi standar nilai minimal dalam satu atau beberapa modul, maka ia akan mengulangi seluruh mata kuliah dalam modul yang tidak lulus tadi pada tahun berikutnya dengan menyesuaikan semester ganjil atau genapnya.

Iv.            Sarana & prasarana universitas
Universitas ibn tofail dengan sekian fakultas dan jurusannya memiliki sarana dan infrastrukur yang lengkap, memadai dan tergolong moderen.

A.      Gedung rektorat dan kantor

Gedung rektorat universitas ibn tofail terletak di antara fakultas sains dan fakultas sastra & humaniora. Pada setiap fakultas terdapat komplek perkantoran terdiri dari kantor dekan beserta jajarannya, kantor dosen dan kantor administrasi mahasiswa.


B.      Ruang belajar dan laboratorium
Untuk fakultas sastra & humaniora terdapat empat (4) ruangan auditorium (المدرج) dengan kapasitas masing-masing 416 mahasiswa, tujuh (7) ruang belajar (القاعة) ukuran besar dengan kapasitas 140 orang, serta 16 ruang belajar ukuran sedang, masing-masing menampung 70 mahasiswa.

Sebagai penunjang proses pendidikan para mahasiswa di fakultas ini, telah disediakan beberapa gedung dengan perangkat teknologi; tiga (3) buah laboratorium bahasa lengkap dengan perangkat audio-visual, empat (4) buah laboratorium komputer masing-masing berisi 40 buah pc, serta ruangan bagi para dosen dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan khusus dosen dan beberapa perangkat pc dengan koneksi internet.

Adapun fakultas sains memiliki lebih banyak ruangan, gedung dan laboratorium penunjang riset bagi para mahasiswanya. Hal ini sangatlah wajar mengingat jurusan dan materi kuliah pada fakultas ini lebih bersifat aplikatif, sehingga membutuhkan lebih banyak sarana gedung penunjang penelitian.

C.      Perpustakaan
Perpustakaan bagi sebuah institusi pendidikan merupakan elemen penunjang yang paling penting. Mengingat urgensi perpustakaan, universitas ibn tofail memiliki tiga buah perpustakaan.

1.      Perpustakaan ibn tofail
Perpustakaan yang berdiri sejak tahun ajaran 2004-2005 ini merupakan perpustakaan utama bagi universitas ibn tofail. Terletak di kawasan fakultas sastra & humaniora, perpustakaan seluas 2.000 m2 ini telah direnovasi dan dimoderenisasi selama tahun ajaran 2006-2007.

Dengan kapasitas sekitar 500 bangku dalam dua lantai bangunan, perpustakaan ibn tofail terbagi kepada enam bagian:
·         divisi literatur, linguistik dan humaniora (100 bangku)
·         divisi sejarah, geografi dan studi islam (96 bangku)
·         divisi hukum dan  ekonomi (84 bangku)
·         divisi sains dan teknologi (100 bangku)
·         divisi ensiklopedi dan buletin (12 bangku)
·         ruang eksebisi, pertemuan dan konferensi
Pada level manajemen tersedia sebuah sistem yang sepenuhnya komputerisasi. Untuk mencari informasi perbendaharaan perpustakaan, mahasiswa dapat mengakses katalog online perpustakaan pada alamat: http://biblio.univ-ibntofail.ac.ma/pmb/.halaman catalog online ini adalah sub-domain dari situs utama universitas ibn tofail: http://www.univ-ibntofail.ac.ma/.

2.      Perpustakaan fakultas sains
Terletak di kawasan fakultas sains, perpustakaan ini berkapasitas maksimal 80 bangku dengan komposisi buku dan literatur seputar ilmu sains dasar.

3.      Perpustakaan institut manajemen & marketing nasional
Perpustakaan yang terletak dalam kawasan institut manajemen & marketing nasional ini hanya memiliki kapasitas bangku sejumlah 30. Adapun komposisi buku didalamnya terdiri dari literatur ilmu hukum, ekonomi dan sosial.

D.     Kafetaria
Terdapat dua buah kafetaria yang masing-masing terletak di fakultas sastra & humaniora dan di fakultas sains. Para mahasiswa yang sedang beristirahat maupun yang menunggu jadwal kuliah mata pelajarannya bisa memesan aneka minuman dan makanan ringan di tempat tersebut.

Bagi yang memiliki jadwal kuliah padat sehingga tidak memungkinkan untuk makan siang di rumahnya masing-masing, dapat mengganjal perutnya dengan memesan sandwich dan makanan sejenisnya.

E.      Asrama mahasiswa
Terdapat dua buah asrama untuk mahasiswa di kota kenitra:
1.      Asrama mahasiswa maamora
Asrama yang baru didirikan pada tahun 2005 ini dimiliki oleh pihak swasta. Berlokasi di depan pintu masuk bagian belakang fakultas sastra dan humaniora, asrama ini mampu menampung sejumlah 2.000 mahasiswa yang berminat tinggal disana. Di dalamnya tersedia sebuah lapangan futsal dan lapangan voli. Adapun fasilitas kafetaria dan warnet masih dalam tahap pembangunan.

Dengan kapasitas dua orang untuk setiap kamarnya, ranjang, kursi dan meja belajar serta lemari pakaian, asrama ini lebih cocok dan kondusif bagi mahasiswa yang membutuhkan konsentrasi dan privasi serta dekat dengan universitas.

Tersedia sebuah dapur umum, wc dan kamar mandi umum dilengkapi air panas dalam setiap tingkat/lantainya. Tidak dibatasi penggunaan air dan listrik untuk para penghuni asrama ini. Namun semua hal ini berkonsekwensi pada iuran bulanan yang lebih mahal dibandingkan dengan iuran pada asrama negeri lainnya.

2.      Asrama mahasiswa kenitra
Merupakan asrama negeri, asrama ini telah berdiri sejak tahun 1989. Letak asrama ini agak jauh dari universitas, tepatnya berlokasi di kawasan hay saknia. Namun untuk transportasi tersedia bus dengan jurusan khusus asrama negeri kenitra – universitas. Dengan jadwal operasi mulai dari jam 7.30 pagi hingga jam 18.00 sore, bus khusus mahasiswa ini hanya bertarif satu (1) dirham.

Asrama negeri ini hampir seluruhnya berisikan mahasiswa dan mahasiswi maroko, dengan presentasi sekitar 75 persen mahasiswi dan 25 persen mahasiswa. Adapun mahasiswa asing yang diterima setiap tahunnya adalah sekitar lima (5) orang mahasiswa dari berbagai negara, dan dibatasi kepada mereka yang sedang menjalani tahun akhir kuliahnya.

Untuk kamar tersedia tiga jenis, masing-masing berukuran sedang (4 orang), ukuran sedang (3 orang) dan ukuran kecil (2 orang). Kondisi kamar, dapur, wc dan kamar mandi dalam asrama ini tidak sebaik kamar pada asrama swasta maamora. Namun taman-taman di antara tiap gedung asrama ini sangat teduh dan asri.

Fasilitas penunjang yang tersedia di dalam asrama ini antara lain adalah kafetaria, ruang membaca dengan literatur dan referensi buku seadanya serta lapangan olahraga (futsal, voli, basket dan tenis meja).


V.            Kegiatan ekstra kulikuler
Disamping menjalani rutinitas kuliah dan belajar, mahasiswa universitas ibn tofail diberi kesempatan seluas-luasnya untuk beraktivitas di bidang olah raga, seni dan pengembangan bakat. Selagi tidak mengganggu jadwal dan aktivitas kuliah, masing-masing mahasiswa bebas untuk berafiliasi kepada salah satu cabang yang diminatinya.

Berikut ini beberapa kegiatan ekstra kulikuler yang terdapat di universitas ibn tofail;

A. Kegiatan olah raga
Sepak bola
Bola basket
Bola tangan (hand ball)
Bola voli
Futsal
Rugbi
Voli pantai
Binaraga
Cross country
Aerobik
Tenis meja

B. Kegiatan seni
Fotografi
Video dan sinematografi
Kaligrafi
Drama dan teater
Musik dan paduan suara
Seni lukis
Kerajinan tangan






Vi.            Alamat penting dan contact persons
A.      Universitas ibn tofail
1.      Rektor universitas ibn tofail: pr. Mohammed essaouri
Alamat: président de l’université ibn tofail , bp 242, kénitra
Télp: 037 32 92 00, fax: 037 37 40 52: email: ruitk@iam.net.ma
2.      Dekan fakultas sastra & humaniora: pr. Abdelaziz ainouz
Alamat: doyen de faculté des lettres et des sciences humaines, ibn tofail university, bp 401, kénitra
Télp: 037 32 96 00, fax: 037 32 96 41
3.      Dekan fakultas sains: pr. Mohammed bousetta
Alamat: doyen de faculté des sciences, ibn tofail university, bp 133, kénitra

B.      Asrama mahasiswa
1.      Résidence universitaire maamora (privée), campus universitaire - kénitra
Directrice: mme. Assia allali, télp: 037 36 37 71, fax: 037 36 37 71
2.      Cité universitaire de kénitra, bp 232 – kénitra
Directeur: el mostapha hajli, télp: 037 38 69 37, fax: 037 38 01 31.


* mursalin *
 Sumber : http://ppimaroko.org/index.php?option=com_content&view=article&id=148:universitas-ibn-tofail-kenitra&catid=52:info-belajar&Itemid=84

Rabu, 27 Februari 2013

Posted by Aldi Rinaldi
1 comment | 23.51
 Secara formal NU lahir Tanggal 16 Rajab 1344 H bertepatan dengan Tanggal 31 januari 1926 M di Surabaya. Namun pada hakekat nya ajaran yang di anut dan di perjuangkan oleh NU ini telah bersamaan dengan masuknya agama Islam di Indonesia.
Jika KH. Hasyim Asy’ari di katakan sebagai pandiri NU, maka KH. Abdul Wahab Hasbullah adalah sebagai orang yang mewujudkan gerakan tersebut menjadi suatu organisasi. Sepulang dari belajar di Makkah, KH. Abdul Wahab Hasbullah mendirikan Nahdlatul Wathon (1916) di Surabaya. Organisasi ini bergerak pada bidang kepemudaan dan pada tahun 1924 di Surabaya sedang bergejolak perjuangan politik melawa Belanda, di samping itu di sana sini sedang membaranya masalah Khilafiyah dikalangan umat KH. Abdul Wahab Hasbullah sering terlibat dalam perdebatan sengit dalam ulama islam yang terkenal pada waktu itu untuk mencapai titik penyelesaiannya.
Sehubungan dengan pergolakan di Arab Saudi, Maka KH. Abdul Wahab Hasbullah membentuk komite Hijaz inilah yang merupakan delegasi untuk menghadap raja Ibnu Sa’ud guna membicarakan masalah tersebut. Komite Hijaz inilah yang mengilhami berdirinya NU karena pertemuan yang di adakan pada Tanggal 16 Rajab 1344 itu memutuskan dua macam keputusan :
  1. Mengrim utusan ulama Indonesia ke Konggres dunia memperjuangkan hukum ibadah berdasarkan madzhab empat.
  2. Membentuk organisasi (Jami’yyah) yang akan mengirimkan utusan tersebut atas uasul KH. Alwi Abdul aziz yang di beri nama Jam’iyyah Nahdlatul Ulama.
Adapun nama ulama yang hadir pada waktu itu antara lain :
1. KH. Hasyim Asy’ari : Jombang
2. KH. Basyir Samsyuri : Jombang
3. KH. Ridlwan : Semarang
4. KH. Abdul Wahab Hasbullah : Surabaya
5. KH. Nahrowi : Malang
6. KH. Raden Asnawi : Kudus
7. KH. Raden Hambali : Kudus
8. KH. Nawawi : Pasuruan
9. KH. Kholil : BangkalanBerikut ini sebagian teks lagu perjuangan Nahdlatul
 


Berikut kumpulan nasyid/ lagu perjuangan Nahdlatul Ulama ini :
01. Mars IPNU .mp3
02. Mars IPPNU .mp3
03. Gerakan Pemuda Anshor (GP Anshor) .mp3
04. Muslimat NU .mp3
05. Mars (PMII) versi Indonesia.mp3
06. Mars (PMII) versi arabic.mp3
07. Mars (PMII) versi Inggris.mp3
08. Mars (PMII) versi Mandarin.mp3
09. Hymne Pelajar NU.mp3
10. Ma'arif Nahdlatul Ulama.mp3
11. Putra - Putri NU.mp3
12. Fatayat NU.mp3
13. TK Muslimat NU.mp3
14. Tunas NU.mp3
15. Lagu Indonesia Raya karoke.mp3
16. Mars IPNU Karaoke.mp3
17. Mars IPPNU karaoke.mp3
18. Hymne Pelajar NU (karaoke).mp3
19. Mars Makesta.mp3
20. Iringi wahdana.mp3
21. Hymne PMII.mp3
22. 17 April PMII.mp3
23. Bandung (Sosialita) PMII.mp3
24. Berjuanglah PMII.mp3
25. Hybrid Hymne PMII.mp3
26. Hybrid Milestone Pergerakan PMII.mp3
27. Orkestra Mars PMII.mp3
28. Setara '67 PMII.mp3
29. Tangan Terkepal Maju Ke muka PMII.mp3
30. Darah Juang - PMII.mp3
31. MARS CBP.mp3
32. MARS IPNU 2.mp3
33. Ultah IPNU.MP3
34. Mars PMII versi indo 2.mp3
35. Berjuanglah PMII 2.mp3
36. Taman NU.mp3
37. Mars IPNU Versi Paduan.MP3
38. Mars IPPNU versi Paduan.mp3
41. Hymne PMII.wma
42. Indionesia_Mars PMII.wma
43. Inggris_Mars PMII.wma

Berikut ini sebagian teks lagu perjuangan Nahdlatul Ulama di atas

HYMNE PELAJAR NU
Bersemilah-bersemila
Tunas-tunas NU
Tumbuhsubur-tumbuh subur
Di persada NU

Masa depan di tanganmu
Untuk meneruskan perjuangan
Mekar indah-mekar indah
Kau harapan NU

Kita bangu-kita bangun
Jiwa besar NU
Nan bertaqwa nan berjiwa
Islam ahlussunnah wal jama'ah

Bersemilah-bersemilah
Tunas-tunas NU
Tumbuhsubur-tumbuh subur
Di persada NU

Hari depan mengharapkan
Darma bakti akan kita abdikan
Bersemilah-bersemilah
Tunas-tunas NU......

===================================================

MARS IPNU

wahai pelajar indonesia
siapkanlah barisanmu
bertekat bulat bersatu di bawah kibaran panji IPNU
ayolah pelajar islam yg setia
kebangkanlah agamamu
dalam negara Indonesia
tanah air yang kucinta
dengan pedoman kita belajar
berjuang serta bertaqwa
kita bina watak nusa dan bangsa
tuk kejayaan masa depan
bersatu wahai pelagar islam jaya
tunaikanlah kewajiban yang mulia
ayo maju.....Pantang mundur.....
Dengan rahmat tuhan kita perjuangkan
ayo maju.....Pantang mundur.....Pasti tercapai adil makmur
===================================================

MARS IPPNU
sinarlah gelap terbitlah terang
mentari timur sudah berjaya
ayunkanlah langkah pukul genderang
s'gala rintangan mundur semua
tiada laut sedalam iman
tiada gunung setinggi cita
sujud kepala kepada tuhan
tegak kepada lawan derita
dimalam yang sepi dipagi yang terang
hatiku teguh bagimu ikatan
dimalam yang hening di hati menbakar
hatiku penuh bagiku pertiwi
mekar seribu bunga di taman
mekar cintaku pada ikatan
ilmu ku cari amal kuberi
untuk agama bangsa negeri
===================================================

MARS GP ANSOR
Darah dan nyawa telah kuberikan
Syuhada rebah Allahu Akbar
Kini bebas rantai ikatan
Negara jaya Islam yang benar
Berkibar tinggi panji gerakan
Iman di dada patriot perkasa
Ansor maju satu barisan
Seribu rintangan patah semua
Tegakkan yang adil hancurkan yang dzalim
Makmur semua lenyap yang nista
Allahu Akbar – Allahu Akbar
Pajar baja gerakan kita
Bangkitlah bangkit putra pertiwi
Tiada gentar dada ke muka
Bela agama bangsa negeri
===================================================

MARS FATAYAT NU
Fatayat Nahdlatul Ulama
Teladan pemudi utama
Berguna bagi nusa bangsa
Menjunjung tinggi agama
Fatayat Nahdlatul Ulama
Wanita berpribadi luhur
Setia, terampil, dan jujur
Menuju masyarakat adil makmur
**
Fatayat berasas Pancasila
Bersendi A-Quran dan Sunnah
Ahlussunnah wal jama’ah
Menuju ridho Allah
X2
===================================================
MARS MUSLIMAT NU
Marilah kaum ibu muslimat
Nahdlatul Ulama dan setia
Al-Quran, Hadits, Ijma’ dan Qiyas
Menjadi pedoman utama
Demi agama, nusa, dan bangsa
Negara damai bahagia
**
Insyaflah hai kaum ibu
Bimbinglah putra-putrimu
Iman teguh, bijaksana
Muslimat Indonesia
X2
Majulah kaum ibu muslimat
Pengemban, pembawa amanat
Pendidik, pembina bunga bangsa
Menunaikan tugas mulia
Berilmu, beramal, dan berbakti
bertaqwa pada Ilahi
kembali ke **


===================================================
Mars PMII
Inilah kami wahai Indonesia
Satu barisan dan satu cita
Pembela bangsa penegak agama
Tangan terkepal dan maju ke muka
Habislah sudah masa yang suram
Selesai sudah derita yang lama
Bangsa yang jaya Islam yang benar
Bangun tersentak dari bumiku subur
Denganmu PMII pergerakanku
Ilmu dan bakti kuberikan
Adil dan makmur kuperjuangkan
Untukmu satu tanah airku
Untukmu satu keyakinanku
Inilah kami wahai Indonesia
Satu angkatan dan satu jiwa
Putera bangsa bebas merdeka
Tangan terkepal dan maju ke muka


===================================================
HYMNE PMII (lirik)
Bersemilah, Bersemilah
Tunas PMII
Tumbuh subur, tumbuh Subur
Kader PMII
Masa depan Kita rebut
Untuk meneruskan perjuangan
Bersemilah, bersemilah
kaulah harapan bangsa
Bersemilah, Bersemilah
Tunas PMII
Tumbuh subur, tumbuh Subur
Kader PMII
Masa depan Kita rebut
Untuk meneruskan perjuangan
Bersemilah, bersemilah
kaulah harapan bangsa


===================================================
Berjuanglah PMII

Berjuanglah PMII berjuang
Marilah kita bina persatuan 2X
Hancur leburkan angkara murka
Perkokohkan barisan kita
Siiiiiiap!!!
Reff
Sinar api islam kini menyala
Tekad bulat jihad kita membara 2X
Berjuanglah PMII berjuang
Menegakkan kalimat tuhan.


===================================================
Bandung (Sosialita) PMII

bandung lautan api
aku ke bandung naik kereta api
bandung lautan api
aku ke bandung oh tidak sendiri
kuciumi tanah parahiyangan
kuhirupi dingin angin malam kota kembang
ku tanamkan darah seniku disana
diperutmu bandung
melayang-layang2X
ku coba menantang keras kota kembang
melayang-layang2X
kini ku mendapat gelar anak rantau
mau tak mau aku harus bantu bapak
bapakku yang bukan pengusaha
mau tak mau aku harus bantu ibu
ibuku bukan wanita karir
keluargaku titisan orang susah
bandung……….


===================================================
Darah Juang

Karya: Andi Munajat dkk

Di sini negeri kami
Tempat padi terhampar
Samuderanya kaya raya
Tanah kami subur, Tuhan …

Di negeri permai ini,
Berjuta rakyat bersimbah luka
Anak kurus tak sekolah
Pemuda desa tak kerja

Mereka dirampas haknya
Tergusur dan lapar
Bunda relakan darah juang kami,
Tuk membebaskan rakyat

Mereka dirampas haknya
Tergusur dan lapar
Bunda relakan darah juang kami,
Padamu kami berjanji
Padamu kami berbakti

===================================================
TANGAN TERKEPAL MAJU KE MUKA

Terik siang yang menderu
tak membuat ku layu
kabut malam yang berdebu
tak membuat ku beku
saat semua tiarap............

di balik atap
kala semua senyap
hanya menatap kita bersahabat dengan sumpah keringat

tangan penuh kerja
dan mata terjaga
tak ku biarkan sedih
jadi tangis dan duka
hari esok bukan diam
dan bukan cerita....

tangan terkepal maju ke muka
di laut hitam ini
kami bertitah
katan padanya
empat penjuru dunia...............

===================================================
P E M B E B A S A N

Buruh, tani, mahasiswa, kaum miskin kota
Bersatu padu rebut demokrasi
Gegap gempita dalam satu suara
Demi tugas suci nan mulia
Hari-hari esok adalah milik kita
Terbebasnya masa rakyat bekerja
Terciptanya tatanan masyarakat
Demokrasi sepenuhnya
Marilah kawan, mari kita pekikkan
Di tangan kita tergenggam arah bangsa
Marilah kawan mari kita nyanyikan
Sebuah lagu tentang pembebasan
****

===================================================
BURUH TANI

Buruh Tani Mahasiswa Rakyat Miskin Kota…

Bersatu Padu Rebut Demokrasi…
Gegap Gempita Dalam Satu Suara…
Demokrasi Sepenuhnya…

Hari-hari Esok Adalah Milik Kita…
Terbebasnya Masyarakat Pekerja…
Terciptanya Tatanan Masyarakat…
Indonesia Baru Tanpa ORBA…

Marilah Kawan Mari Kita Songsongkan…
Ditangan Kita Tergenggam Arah Bangsa…
Marilah Kawan Mari Kita Nyanyikan…
Sebuah Lagu Tentang Pembebasan…

Di Bawah Kuasa Tirani…
Kutelusuri Garis Jalan Ini…
Berjuta Kali Turun Aksi…
Bagiku Itu Langkah Pasti…
****

===================================================
DIAM

Mengapa Dia Diam, Mengapa Dia Diam…
Mengapa Semua Diam…
Lihat Penindasan, Ketidak Adilan…
Di Indonesia…
2x

Apa Perlu Kita Bangkitkan Bung Karno… (Tidak Perlu)
Apa Perlu Kita Bangkitkan Bung Hatta… (Tidak Perlu)
Apa Perlu Kita Bangkitkan Tomo… (Tidak Perlu)
Atau Kita…… Bergerak Sendiri…
****

===================================================
TOTALITAS PERJUANGAN

Kepada para mahasiswa
Yang merindukan kejayaan
Kepada rakyat yang kebingungan
Di persimpangan jalan

Kepada pewaris peradaban
Yang telah menggoreskan
Sebuah catatan kebanggaan
Di lembar sejarah manusia

- Reff :
Wahai kalian yang rindu kemenangan
Wahai kalian yang turun ke jalan
Demi mempersembahkan jiwa dan raga
Untuk negeri tercinta
****
===================================================
Sebagai kecintaan kami terhadap organisasi ulama ini.
Posted by Aldi Rinaldi
No comments | 23.33
 Ceng Zamzam Lahir tanggal 5 Desember 1997. Ia beberapa kali mengikuti kejuaran MTQ dan pernah meraih juara tingkat nasional bahkan internasional. Sekarang ia sedang bersekolah di MtsN 1 Garut dan mengikuti Home schooling. Saya senang dan bangga sekali ternyata masih ada kandidat Qori cilik dari Indonesia.Ia sering membaca cuplikan alqur'an dan hadits pada sinetron Islam KTP, ia seorang artis yang dekat dengan Alqur'an, fasih dan memiliki pemahaman serta hafalan akan ayat Alqur'an jauh lebih hebat dibanding selebritis biasa.


Berikut Sholawat indahnya.. dengan Bit 256/kbs (insyaAllah high quality dan mantab)

01. Ceng zamzam v.1 - Sholatun.mp3
02. Ceng zamzam v.1 - Burikti.mp3
03. Ceng zamzam v.1 - Azzka Taslimi ( Voc. Rifa Siti Rohmah).mp3
04. Ceng zamzam v.1 - Alhamdulillah.mp3
05. Ceng zamzam v.1 - Sholatullah.mp3
06. Ceng zamzam v.1 - Khoril Bariyah.mp3
07. Ceng zamzam v.1 - Ya Ala baitin Nabi.mp3
08. Ceng zamzam v.1 - Ya imama rusli.mp3

sumber : http://www.gemasholawat.co.vu/2012/07/album-sholawat-ceng-zamzam-v1.html
Posted by Aldi Rinaldi
1 comment | 04.34
Lir ilir lir ilir tandure wong sumilir
Tak ijo royo royo
Tak sengguh penganten anyar
Bocah angon bocah angon penekno blimbing kuwi
Lunyu lunyu penekno kanggo mbasuh dodotiro
Dodotiro dodotiro kumintir bedah ing pinggir
Dondomono jrumatono kanggo seba mengko sore
Mumpung padang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Yo surak’0 surak hiyo
  • Makna yang terkandung lagu di atas adalah sbb:
  1. Lir-ilir, Lir-ilir (Bangunlah, bangunlah)
  2. Tandure wus sumilir (Tanaman sudah bersemi)
  3. Tak ijo royo-royo (Demikian menghijau)
  4. Tak sengguh temanten anyar (Bagaikan pengantin baru)
Makna: Sebagai umat Islam kita diminta bangun. Bangun dari keterpurukan, bangun dari sifat malas untuk lebih mempertebal keimanan yang telah ditanamkan oleh Alloh dalam diri kita yang dalam ini dilambangkan dengan Tanaman yang mulai bersemi dan demikian menghijau. Terserah kepada kita, mau tetap tidur dan membiarkan tanaman iman kita mati atau bangun dan berjuang untuk menumbuhkan tanaman tersebut hingga besar dan mendapatkan kebahagiaan seperti bahagianya pengantin baru.
  1. Cah angon, cah angon (Anak gembala, anak gembala)
  2. Penekno Blimbing kuwi (Panjatlah (pohon) belimbing itu)
  3. Lunyu-lunyu penekno (Biar licin dan susah tetaplah kau panjat)
  4. Kanggo mbasuh dodotiro (untuk membasuh pakaianmu)
Makna: Disini disebut anak gembala karena oleh Alloh, kita telah diberikan sesuatu untuk digembalakan yaitu HATI. Bisakah kita menggembalakan hati kita dari dorongan hawa nafsu yang demikian kuatnya? Si anak gembala diminta memanjat pohon belimbing yang notabene buah belimbing bergerigi lima buah. Buah belimbing disini menggambarkan lima rukun Islam. Jadi meskipun licin, meskipun susah kita harus tetap memanjat pohon belimbing tersebut dalam arti sekuat tenaga kita tetap berusaha menjalankan Rukun Islam apapun halangan dan resikonya. Lalu apa gunanya? Gunanya adalah untuk mencuci pakaian kita yaitu pakaian taqwa.
  1. Dodotiro, dodotiro (Pakaianmu, pakaianmu)
  2. Kumitir bedah ing pinggir (terkoyak-koyak dibagian samping)
  3. Dondomono, Jlumatono (Jahitlah, Benahilah!!)
  4. Kanggo sebo mengko sore (untuk menghadap nanti sore)
Makna: Pakaian taqwa kita sebagai manusia biasa pasti terkoyak dan berlubang di sana sini, untuk itu kita diminta untuk selalu memperbaiki dan membenahinya agar kelak kita sudah siap ketika dipanggil menghadap kehadirat Alloh SWT.
  1. Mumpung padhang rembulane (Mumpung bulan bersinar terang)
  2. Mumpung jembar kalangane (mumpung banyak waktu luang)
  3. Yo surako surak iyo!!! (Bersoraklah dengan sorakan Iya!!!)
Makna: Kita diharapkan melakukan hal-hal diatas  ketika kita masih sehat (dilambangkan dengan terangnya bulan) dan masih mempunyai banyak waktu luang dan jika ada yang mengingatkan maka jawablah dengan Iya!!!…… Lir ilir, judul dari tembang di atas. Bukan sekedar tembang dolanan biasa, tapi tembang di atas mengandung makna yang sangat mendalam. Tembang karya Kanjeng Sunan ini memberikan hakikat kehidupan dalam bentuk syair yang indah. Carrol McLaughlin, seorang profesor harpa dari Arizona University terkagum kagum dengan tembang ini, beliau sering memainkannya. Maya Hasan, seorang pemain Harpa dari Indonesia pernah mengatakan bahwa dia ingin mengerti filosofi dari lagu ini. Para pemain Harpa seperti Maya Hasan (Indonesia), Carrol McLaughlin (Kanada), Hiroko Saito (Jepang), Kellie Marie Cousineau (Amerika Serikat), dan Lizary Rodrigues (Puerto Rico) pernah menterjemahkan lagu ini dalam musik Jazz pada konser musik “Harp to Heart“.
Apakah makna mendalam dari tembang ini? Mari kita coba mengupas maknanya
Lir-ilir, lir-ilir tembang ini diawalii dengan ilir-ilir yang artinya bangun-bangun atau bisa diartikan hiduplah (karena sejatinya tidur itu mati) bisa juga diartikan sebagai sadarlah. Tetapi yang perlu dikaji lagi, apa yang perlu untuk dibangunkan?Apa yang perlu dihidupkan? hidupnya Apa ? Ruh? kesadaran ? Pikiran? terserah kita yang penting ada sesuatu yang dihidupkan, dan jangan lupa disini ada unsur angin, berarti cara menghidupkannya ada gerak..(kita fikirkan ini)..gerak menghasilkan udara. ini adalah ajakan untuk berdzikir. Dengan berdzikir, maka ada sesuatu yang dihidupkan.
tandure wus sumilir, Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar. Bait ini mengandung makna kalau sudah berdzikir maka disitu akan didapatkan manfaat yang dapat menghidupkan pohon yang hijau dan indah. Pohon di sini artinya adalah sesuatu yang memiliki banyak manfaat bagi kita. Pengantin baru ada yang mengartikan sebagai Raja-Raja Jawa yang baru memeluk agama Islam. Sedemikian maraknya perkembangan masyarakat untuk masuk ke agama Islam, namun taraf penyerapan dan implementasinya masih level pemula, layaknya penganten baru dalam jenjang kehidupan pernikahannya.
Cah angon cah angon penekno blimbing kuwi. Mengapa kok “Cah angon” ? Bukan “Pak Jendral” , “Pak Presiden” atau yang lain? Mengapa dipilih “Cah angon” ? Cah angon maksudnya adalah seorang yang mampu membawa makmumnya, seorang yang mampu “menggembalakan” makmumnya dalam jalan yang benar. Lalu,kenapa “Blimbing” ? Ingat sekali lagi, bahwa blimbing berwarna hijau (ciri khas Islam) dan memiliki 5 sisi. Jadi blimbing itu adalah isyarat dari agama Islam, yang dicerminkan dari 5 sisi buah blimbing yang menggambarkan rukun Islam yang merupakan Dasar dari agama Islam. Kenapa “Penekno” ? ini adalah ajakan para wali kepada Raja-Raja tanah Jawa untuk mengambil Islam dan dan mengajak masyarakat untuk mengikuti jejak para Raja itu dalam melaksanakan Islam.
Lunyu lunyu penekno kanggo mbasuh dodotiro. Walaupun dengan bersusah payah, walupun penuh rintangan, tetaplah ambil untuk membersihkan pakaian kita. Yang dimaksud pakaian adalah taqwa. Pakaian taqwa ini yang harus dibersihkan.
Dodotiro dodotiro, kumitir bedah ing pinggir. Pakaian taqwa harus kita bersihkan, yang jelek jelek kita singkirkan, kita tinggalkan, perbaiki, rajutlah hingga menjadi pakain yang indah ”sebaik-baik pakaian adalah pakaian taqwa“.
dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore. Pesan dari para Wali bahwa suatu ketika kamu akan mati dan akan menemui Sang Maha Pencipta untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatanmu. Maka benahilah dan sempurnakanlah ke-Islamanmu agar kamu selamat pada hari pertanggungjawaban kelak.
Mumpung padhang rembulane, mumpung jembar kalangane. Para wali mengingatkan agar para penganut Islam melaksanakan hal tersebut ketika pintu hidayah masih terbuka lebar, ketika kesempatan itu masih ada di depan mata, ketika usia masih menempel pada hayat kita.
Yo surako surak hiyo. Sambutlah seruan ini dengan sorak sorai “mari kita terapkan syariat Islam” sebagai tanda kebahagiaan. Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu (Al-Anfal :25)
Semoga artikel kali ini bermanfaat buat sahabatn semua

Selasa, 26 Februari 2013

Posted by Aldi Rinaldi
1 comment | 12.27
Keterangan :
1.      D = Duk, T = Tek
2.      Huruf yang berwarna biru adalah se-karakter atatu satu karakter. Jadi apabila pukulannya telah sampai pada tahap Turun, tapi vocalnya belum selesai untuk malantunkan lagu Qosidah (meneruskan lagu Qosidahnya), maka pukulan terbang yang telah sampai pada tahap Turun tersebut harus disambung dengan pukulan terbang pada tahap Dasar. Dan jangan lupa, huruf berwarna biru adalah se-karakter. D pada tahap Turun itu sama dengan D pada tahap Dasar. Pukulannya hanya satu D (satu bunyi Duk atau satu pukulan Duk).
3.      Huruf yang berwarna merah, pukulan terbangnya harus diulang-ulang menurut/sesuai panjang lirik lagu Qosidah yang dilantunkan oleh seorang vocal atau backing vocal.
4.      Tanda titik yang berada pada rumus terbang LANANG itu adalah perumpamaan dari pukulan terbang WEDOK. Kita harus bisa menempatkan pukulan terbang LANANG di antara pukulan-pukulan terbang WEDOK.
5.     Sumber :  http://sholawatalbanjari.blogspot.com/

WEDOK
Dasar
Naik 1
Naik 2
Turun
DTT  DDDT  TDTT
TTTT  TDDD  DDDD  DDTT
TTDT  TTTT  TTDT  TD

T  TTTT  TTTT  TTDT  TDTT
T  TTTT  TTTT  TTDT  TDTT
T  TTTT  TTTT  TTDT  TD



DT TTDT TD
LANANG
Dasar
Naik 1
Naik 2
Turun
D.T   D.DD  TT.T  D.T
TT.T.T   TT.T.D   DD.D.D   DD.D.D
TT.T   D   TT.T.T   TT.T   D   TT.T.D

T.T.T   TT.T.T   TT.T   D   TT.T.D
T.T.T   TT.T.T   TT.T   D   TT.T.D
T.T.T   TT.T.T   TT.T   D   TT.T.D



D   TT.T   D   TT.T.D





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Statistic

BACKGROUND

Pilih Warna Beground

KeluarJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!

DI DUKUNG OLEH

Total Tayangan Laman